1.Pengertian SEO dalam kegiatan pemasaran online,SEO memiliki peranan yang penting.Hal ini dikarenakan SEO dalam dua bisnis online mampu memberikan pengaruh yang signifikan pada usaha pengembangan bisnis.Berikut akan dijelaskan mengenai pengertian SEO dan jenis optimasi seo. Pengertian SEO menurut para ahli di dunia bisnis yang semakin berkembang saat ini,baik pengusaha skala ataupun besar masing masing berlomba untuk menunjukkan ekstensinya melalui web yang jauh lebih besar.Oleh karena itu, kehadiran search engine merupakan salah satu solusi agar website para pengusaha tersebut dapat ditemukan dengan mudah.Lalu,apa itu SEO? Adapun pengertian yang terkait dengan SEO menurut beberapa ahli,sebagai berikut.
A.Neil patel SEO adalah sebuah seni untuk memahami search engine dan menggunakan pengetahuan tersebut untuk membuat sebuah website memiliki peringkat lebih tinggi di dalam search engine. B.Danny sullvian SEO adalah seseorang yang mengerti bagaimana orang mencari sebuah informasi dan memastikan bahwa mereka atau klien mereka cukup terlihat di area pencarian gratis yang disediakan. 
C.Rand fishkin SEO adalah kombimasi dari taktik dan strategi yang cukup tetapi tidak dibatasi oleh optimalisasi informasi,kemudahan penggunaan,fokus pada konten,penargetan audiensi,desain,pengembangan situs,penelitian keyword,penempatan keyword,link building,social media marketinfg dan segala macam elemen marketing online maupun offline yang mendukung tujuan untuk menerima lebih banyak trafik dari search engine.

2.Cara kerja dan keyword dalam SEO Persaingan bisnis di internet sangat luas dan juga ketat.Meskipun search engine sudah ada,namun persaingan tidak berhenti begitu saja.Hal ini dikarenakan listing web disearch engine result page menjadi arena untuk memperjuangkan kemenangan berada di halaman pertama sebagai hasil pencarian melalui SEO. Ada ratusan ribu bahkan jutaan list dalam sekali tampilan halaman setelah pengunjung mengetikan keyword tertentu.Tentunya pengunjung jarang melihat ke halaman halaman belakang dan cenderung memprioritaskan apa yang pertama kali dilihat pada halaman pertama hasil pencarian.Inilah yang memicu persaingan untuk mendapatkan peringkat dihalaman pertama,karena peringkat tersebut berarti kemungkinan trafik pengunjung yang berlimpah.Oleh karena itu,perlu diketahui cara kerja dan keyword dalam SEO.
1.Cara kerja SEO Adapun untuk menguasai SEO lebih jauh,maka memahami prinsip kerja search engine merupakan langkah awal yang baik.Ketika seseorang melakukan pencarian digoogle search engine hasilnya dapat begitu cepat dihadirkan sesuai query yang diingingkan.Tahukah Anda bagaimana google dapat menemukan halaman web yang sesuai dengan query tersebut?dalam hal ini google dapat disamakan dengan sebuah buku besar yang memiliki indeks lengkap,mudah digunakana,dan mudah dicari.Di mana ketika ketika user melakukan pencarian,program google melakukan cek terhadap indeks yang dimilikinya untuk melakukan dan menyusun hasil pencarian yang relevan sesuai yang dicari. Terdapat tiga konsep atau proses kunci yang memungkinkan google dapat menemukan halaman web yang sesuai dengan query.Adapun ketiga konsep atau proses kunci tersebut,sebagai berikut.
a.Crawling(perayapan) Crawling atau perayapan adalah proses googlebot(bisa juga disebut sebagai robot,bot spider,spiderbot)mencari halaman halaman baru atau yang diupdet untuk ditambahkan ke dalam indeks google.Program googlebot inilah yang bertugas melakukan pekerjaan tersebut dengan menggunakan algoritma untuk menentukan situs atau halaman web mana saja yang akan dirayapi,seberapa sering perayapan (crawl)dilakukan dan berapa banyak halaman web yang akan diambil dari sebuah web.Program 60 Direktorat Pembinaan SMK (2013) Pemasaran Online l Gambar Googleboot Indexing Googlebot inilah yang bertugas melakukan pekerjaan tersebut dengan menggunakan algoritma untuk menentukan website atau halaman web mana saja yang akan diambil, seberapa sering crawl dilakukan dan berapa banyak halaman web yang akan diambil dari sebuah web. Proses penelurusan Google diawali dari list URL halaman web yang didapat dari proses crawling sebelumnya ditambah dengan referensi sitemap yang didaftarkan oleh para webmaster. Ketika Googlebot mengunjungi masing-masing halamaan website, maka akan menemukan link-link baru sebagai rujukan untuk ditambahkan ke dalam halaman indeks guna proses crawling selanjutnya. Perubahan pada website atau halaman web, dan link-link mati (dead links) atau rusak (broken links) menjadi referensi untuk memperbaharui indeks dengan hasil terbaru. Googlebot dijalankan dari beberapa mesin sekaligus untuk meningkatkan performa dan proses. Hal ini disebabkan web terus berkembang dan halaman web yang harus di-crawl semakin bertambah. Mesin-mesin yang mendistribusikan Googlebot tersebut letaknya tersebar di beberapa titik server. Tujuannya agar proses crawling suatu website cepat dilakukan melalui server terdekat dengan website tersebut.
b. Proses Pengindeksan(Indexing) Googlebot kemudian memproses masing-masing halaman yang ditelusurinya untuk mengumpulkan seluruh kata yang dibaca dan lokasi yang ditemukan kedalam sebuah indeks besar. Selain teks atau kata, Google juga memproses segala informasi atau tipe konten yang terdapat pada halaman web, baik dalam bentuk tag-tag script seperti: p (paragraph), a (link), head, body, meta, title serta atribut alt, rel, href, dan lain-lain. Namun Googlebot tidak dapat membaca dan memproses tipe file rich content seperti flash atau frame dan halaman-halaman dinamis. Direktorat Pembinaan SMK(2013) 61 Pemasaran Online l
c. Serving/Delevering (Menampilkan Hasil Pencarian) Ketika pengguna mesin pencari Google mengetikkan kata kunci tertentu di kotak pencarian (menuliskan query), mesin pencari akan mencari konten ke dalam indeks dan kemudian menampilkannya sebagai daftar hasil pencarian. Hasil pencarian tersebut dapat dipercaya Google sebagai hasil yang paling relevan bagi pengguna. Semakin besar daftar nomor urutan (semakin kebawah) semakin kecil nilai relevansinya. Tentu relevansi tidak hanya didasarkan pada kata kunci, tapi juga terdapat faktor lain salah satunya adalah PageRank. PageRank ini berkaitan dengan SERP yang selalu berubah setiap harinya, bahkan setiap jam. Selain PageRank faktor lain yang sangat berpengaruh diantaranya; struktur/navigasi web, isi web(konten), popularitas web/link, dan lain-lain. Untuk mendapatkan ranking pencarian yang baik Anda harus memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan website terlebih dahlulu atau menjadi prinsip dasar SEO, yaitu memastikan bahwa Googlebot dapat menelusuri seluruh konten halaman webiste dengan baik, yang semuanya berkaitan dengan onpage SEO, misalnya penggunaan sitemap xml, sitemap HTML, menyusun strukur web yang komprehensif, penggunaan meta description dan title serta kualitas konten yang baik.

3.Strategi Membuat SEO Dalam membuat SEO Anda harus memilihlah kata kunci yang tepat. Langkah ini sangat penting dalam SEO. Temukan kata kunci yang populer dan kata- kata yang berhubungan dengan bisnis kita. Lalu cari tahu popularitas, padu padan dan pesaing dari setiap kata kunci tersebut. Kata kunci yang cukup popular dan sedikit pesaing dapat dipilih sebagai kata kunci andalan. Ada beberapa alat SEO di Internet yang dapat membantu kita, seperti Wordtracker dan Yahoo. Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih kata kunci yang tepat. a. Mengoptimalkan taktor-faktor pendukung lainnya. Setelah selesai menganalisa dan memilih kata kunci yang paling tepat, selanjutnya mengoptimalkan faktor-faktor pendukung lainnya, seperti title tags, description tags, meta keywords tags, heading text, link URL, link text, image alt, comment dan halaman web text body (tidak disembunyikan dalam teks HTML). Sebaiknya sesuaikan dengan aturan yang berlaku di masing-masing mesin pencari dalam menampilkan judul. b. Daftarkan kembali website ke semua mesin pencari. Kita dapat mendaftarkan kembali website ke semua mesin pencari, seperti Google, Yahoo, MSN, dan lain sebagainya. Setiap kali mesin pencari mendata kata kunci yang kita pilih, maka secara otomatis website kita pun ikut naik peringkatnya dalam list pencarian. c. Link Exchange. Program ini bertujuan untuk saling bertukar link dengan website lain yang berhubungan dengan bisnis kita. Perhatikan link yang tidak relevan, karena dapat mengganggu website kita dan beresiko ditolak oleh mesin pencari. d. Pengawasan dan optimalisasi ulang. Sering-seringlah memeriksa posisi website di mesin pencari dengan menggunakan kata kunci pilihan. e. Perhatikan isi website. Usahakan menambahkan isi SEO secukupnya dan artikel yang sesuai dengan tema utama website. Selain itu konten harus berkualitas dan selalu diperbaharui.

4.SEO on page adalah segala bentuk teknik optimasi mesin pencari yang dilakukan pada blog atau website yang dimaksud.

5.a.Memilih template friendly.Template dapat berpengaruh pada seo,terkadang design template yang bagus dan menarik belum tentu memiliki seo yang bagus juga.Maka pilihlah template blog yang seo friendly.Ada banyak template blog gratisandengan tampilan premium namun telah disisipi hack seo sehingga menjadi seo friendly.
b.pasang meta tags.
c.pergunakan keywords pada title blog.
d.memaksimalkan keyword pada postingan,tetapi tidak berlebihan agar tidak dianggap spam oleh search engine.

6.SEO Off Page Bila pada on page Anda memanfaatkan web atau blog sendiri, kini pada SEO Off Page Anda diharuskan menjalin interaksi di luar web Anda. Misalnya dengan mencari backlink, entah lewat bertukar link, banner, ataupun berkomentar di blog atau web orang lain. SEO off page merupakan hal-hal yang dilakukan diluar halaman web pages demi meningkatkan kinerja di mesin pencari berdasarkan target kata kunci yang memiliki hubungan dengan konten.

7.a.Melakukan inbound link atau link dari blog/situs web lain yang nantinya mengarah pasda blog kita.
b.membuat reciprokal link.
c.mendaftarkan blog dan artikel ke social bookmark atau  directory,berikan berkomentar di blog lain dengan meninggalkan link di form komentator.

8.Manfaat SEO secara umum pada Website a. Meningkatkan penghasilan. Seorang pebisnis online harus memiliki pengetahuan tentang SEO agar dapat bersaing dengan kompetitor website yang lain, sehingga jika konsuemn mencari selalu berada pada PageRank teratas pada halaman SERP sebagai upaya untuk meningkatkan pengunjung. Jika pengunjung berminat dan menyukai produk Anda, maka Anda dapat meningkatkan penghasilan. b. Menghemat biaya. Dengan memiliki pengetahuan tentang SEO untuk menjual produk/jasa maka Anda secara tidak langsung sudah mengurangi biaya pengeluaran untuk memasang iklan, serta biaya promosi website Anda yang berbayar. c. Mendapat visitor potensial sesuai dengan target kata kunci Dengan adanya peran SEO maka Anda akan benar-benar mendapatkan kunjungan trafffic lalu lintas dari visitor/pengunjung sesuai dengan kata kunci sebagai target sasaran Anda, sehingga visitor yang berkunjung adalah murni ingin mendapatkan informasi produk atau jasa yang Anda jual, dengan syarat konten yang ada relevan dengan informasi yang tertuang pada website Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar