A.Pengertian SEO
Dalam kegiatan pemasaran online,SEO memiliki peranan yang penting.Hal ini dikarenakan SEO dalam dua bisnis online mampu memberikan pengaruh yang signifikan pada usaha pengembangan bisnis.Berikut akan dijelaskan mengenai pengertian SEO dan jenis optimasi seo.
1.Pengertian SEO menurutpara ahli
Di dunia bisnis yang semakin berkembang saat ini,baik pengusaha skala ataupun besar masing masing berlomba untuk menunjukkan ekstensinya melalui web yang jauh lebih besar.Oleh karena itu, kehadiran search engine merupakan salah satu solusi agar website para pengusaha tersebut dapat ditemukan dengan mudah.Lalu,apa itu SEO?Adapun pengertian yang terkait dengan SEO menurut beberapa ahli,sebagai berikut.
a.Neil patel
SEO adalah sebuah seni untuk memahami search engine dan menggunakan pengetahuan tersebut untuk membuat sebuah website memiliki peringkat lebih tinggi di dalam search engine.
b.Danny sullvian
SEO adalah seseorang yang mengerti bagaimana orang mencari sebuah informasi dan memastikan bahwa mereka atau klien mereka cukup terlihat di area pencarian gratis yang disediakan.
c.Rand fishkin
SEO adalah kombimasi dari taktik dan strategi yang cukup tetapi tidak dibatasi oleh optimalisasi informasi,kemudahan penggunaan,fokus pada konten,penargetan audiensi,desain,pengembangan situs,penelitian keyword,penempatan keyword,link building,social media marketinfg dan segala macam elemen marketing onlinemaupun offline yang mendukung tujuan untuk menerima lebih banyak trafik dari search engine.
Adapun yang dimaksud dengan search engine optimalization,yang biasa disingkat SEO adalah suatu usaha yang dilakukan pada sebuah blog yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju website atau blog tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau alogaritma mesin pencari tersebut yang biasa dikenal dengan istilah optimasi SEO.Selain itu, dalam mesin pencari juga terdapat SERP(Search Engine Result Page). Search Engine Result Page(SERP),yaitu daftar halaman web yang ditampilkan oleh search engine sebagai respons terhadap kata yang diketik pada mesin pencari.
2.Teknik SEO
Dalam SEO terdapat dua teknik yang dapat digunakan untuk melakukan optimasi.Di mana kedua jenis teknik SEO,sebagai berikut.
a.Teknik white hat SEO
Teknik white hat SEO adalah suatu teknik optimasi SEO yang dipergunakan oleh seorang webmaster untuk mengoptimasi web atau blog mereka denan cara legal dan tidak melanggar kebijakan yang ditetapkan oleh search engine.
b.Teknik black hat SEO
Teknik black hat SEO adalah suatu teknik optimasi SEO yag dipergunakan oleh seorang webmaster untuk mengoptimasi web atau blog mereka denan cara ilegal yang melanggar peraturan dan kebijakan yang ditetapkan oleh search engine.
B.Jenis Optmasi SEO
Search Engine Optimazation(SEO) merupakan upaya untuk meraih peringkat utama di hasil pencaran search engine.Apa yang dioptimalkan?Website dan vasibilitasnya di dunia internet.
Meski SEO merujuk pada frase search engine optimization,namun sebenarnya yang disesuaikan dan dioptimalkan adalah websitnya,agar si dan struktur web sesui dengan kemampuan dan setting alogaritmasearch engine.Diman dalam SEO ini terdapat dua jenis optimasi.Kedua optimasi tersebut adalah optimasi SEO on page dan optimas SEO off page.Meskipun jenis optimasinya berbeda,namun tujuannya tetap sama.Tujuan dilakukannya optimasi SEO on page maupun optimasi SEO off page,yaitu menempatkan sebuah situs web ataublog pada posisi teratas hasil pencarian,atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan keyword kata kunci tertentu yang dibidik atau ditargetkan dan perbedaanya terletak pada cara optimasinya.
1.Optimasi SEO on page
Tahukah anda apa itu optimasi SEO on page?optimasi seo on page adalah sebuah optimasi mesin pencar yang dilakukan pada blog atau website yang dimaksud dari daam blog itu sendiri.Adapun jenis optimasi SEO on page,sebagai berikut.
a.Optimasi SEO on page pada URL
Terkadang banyak orang yang kurang memahami tentang URL yang baik.Dimana URL yang baik itu seharusnya berisikan domain/kategori/sub_kategori/judul_artikel.
b.Optimasi seo on page pada domain
Untuk domain,jika memang digunakan sebagai keyword maka disarankan tanpa menggunakan tanda pemisah seperti”-‘.misal kata kunci yang ingin dioptimasi adalah “tutorial bisnis online”maka akan lebih baik membuat domain”http:/tutorialbisnisonline.com” daripada http://tutorial-toko-online.com.
c.Optimasi seo on page pada judul halaman (title page)
Judul halaman sudah tentudiupayakan mengandung kata kunci yang ditargetkan,karena bagaimanapun judul halaman haruslah berisi kata terpenting pada halamana tersebut.ini juga yang menjadi dasar berkembangnya teknik dynamic heading ,dimana para pembuat blog atau web berupaya agar halaman artikel menampilkan judul artkel sebagai judul halaman.Poin dari judul halaman sangat besar di dalam teknik on page halaman web.
d.Optimasi seo on page dengan meta description
Meta description yang baik adalah berbeda beda pada setiap artikel karena masing masing artikel memiliki topik tersendiri.meta description ini harus memerhatikan beberapa hal,yaiyu:
1) Panjangnya maksimal 150 karakter
2) Tidak mengulang suatu kata lebih dari dua kali
3) Mengandung kata kuci tertargetkan di bagian bagian awal
e.Optimasi seo on page pada title tag
bagian ni berada pada,dan kodenya adalah:isi dari title tag .di mana yang terpenting adalah apa saja yang bisa anda isikan pada title tag ini.cara terbaik mengisi title tag adalah dengan menggunakan kata kunci dan panjangnya tidak lebih 70 karakter.adapun yang perlu diketahui bahwa semakin didepan kata itu, maka poinnya akan sangat tinggi.jadi sebaiknya format dari isi title tag adalah JUDUL ARTIKEL saja,atauJUDUL ARTIKEL- NAMA BLOG.
Sebaiknya hindari struktur NAMA BLOG:JUDUL ARTIKEL,kecuali blog atau web anda sudah punya reputasi yang sangat baik.
f.Optimasi seo on page pada gambar
berhubung dengan google dan yang lainnya belum dapat mengenali gambar,maka cara terbaik memberitahu google apa isi dari gambar adalah menggunakna alt tag.ini termasuk salah satu teknik on page,karena tujuan utama dari sebuah halaman web adalah memberikan informasi yangpaling relevan kepada pembacanya,dan terkadang informosi itu dapat berupa gambar.
g.Optimasi seo onnpgae pada artikel atau berita
dalam optimasi seo on page pada artikel atau berita usahakan keyword density(kepadatan kata kunci) tidak kurang dari 3%.selain itu, yang tidak kalh penting adalah menyebarkan keyword tersebut denan alami sehingga tetap enak dibaca pengunjung.
2.Optimasi seo off page
Jika optimasi seo on page dilakukan dalam blog,maka optimasi seo off page dilakukan dari luar blog itu.jadi,seo off page merupakan hal hal yang dilakukan diluar halaman web pages demi meningkatkan kinerja di search engine berdasarkan target keyword yang memiliki hubungan dengan konten.misalnya dengan menvcari backlink,entah lewat bertukar link,banner, ataupun berkomentar di blog atau web orang lain.
Beberapa contoh seo off page, yaitu:
a.Backlink dari website atau blog lain
b.Submitesite map ke webmaster tools.google webmaster tools adalah alat yang disediakan oleh google untuk para webmaster(pemilik website).alat ini membantu agar website atau blog bisa terpnatau denagn maksimal oleh google,dan disisi lain memberi laporan yang mendetail tentang blog kepada pemilik.
d.Blog walking
e.Ping blog.Ping adalah cara yang dilakukan oleh blogger untuk memberitahukan update konten kepada search engine.Sinyal XML-RPC akan dikirim ke satu atau lebih server ping yang memberitahukan bahwa situs atau blog tertentu memiliki konten yang baru.”dari berbagai sumber”,contoh:http://pingomatic.com/
seperti yang anda ketahui,bahwa salah satu contoh seo off page adalah backlink dimana backlink adalah link dari blog atau website lain ke blog atau website anda.Sebuah backlink diibaratkan adalah sebuah rekomendasi,semakin banyak yang merekomendasikan,maka blog anda akan lebih mendapatkan perhatian dari search engine.adapun untuk memilih backlink perlu diperhatikan beberapa hal.selain itu untuk membuat backlink juga terdapat banyak metode atau cara yang dapat digunakan.
Berikut beberapa hal hal yang harus diperhatiakn dalam memilih backlink
a.Hal hal yang perlu diperhatikan dalam memilih backlink
Adapun hal hal yang prlu diperhatikan dalam memilih backlink,sebagai berikut.
1) Dalam memilih website yang nantinya akan diletakkan backlink perlu memperhatikkan trafik dan pagerank yang lebih baik dari webyang dimiliki,karena jika lebih rendah justru akan memberi pengaruh buruk pada web yang berkunjung pada serp yang tidak baik.
2) Carilah website yang dapat merekomendasikan pengunjngnya untuk mengarahkan ke link perusahaan.Sehingga web perusahaan akan dibanjiri oleh pengunjung secara instan.
3) Dalam membuat backlink juga harus memerhatiakn aturan seo,agar tidak dianggap melakukan spamming.karena melakukan spamming tidak dianjurkan dalam seo sdan tidakdisukai oleh google.bisa jadi web perusahaan malah dikick oleh google dan hilang dari indeks pencarian.
4) Buatlah backlink secukupnya dan hindari menaruh backlink disitus yang mengandung pornografi dan menyimpangdari SARA.
b. metode membuat backlink di blog atau website
metode yang dapat digunakan untuk membuat backlink pada blog atau website sebenarnya banyak.dimana metode tersebut,diantaranya:
1) Blog walking
Blog walking adalah sebuah metode membuat backlink dengan cara mengunjungi blog yang mempunyai trafik tinggi dan berkomentar di postingan dengan menarugh url blog atau web perusahaan disana.Cara ini adalah cara yang paling mudah dan sering digunakan oleh para blogger.
2) Website submiting
Website submiting adalah metode membuyat backlink dengan melakukan submit web seseorang atau perusahaan ke dalam directory website yang menyediakan jasa web submiting.
3) Social bookmarking
Metode ini dengan cara membuat artikel disitus social bookmarking dan menaruh link disana.banyak sekali situs social bookmarking baik dari indonesia maupun luar negeri.Contohnya: reddit.com, infogue.com, delicious.com, digg.com, twitter.com,dan lain lain.
4) Soial media
Cara ini dengan share sebuah link melalui sosial media seperti facebook,gplus,twetter,youtube,dan lain lain.adapun yang perlu diingat jangan terlalu sering apalagi dalam jumlah yang banyak,karena bisa dianggap spam dan justru berpengaruh buruk bagi teknik seo.
5) Bertukar link
Cara ini yang sering digunakan oleh para blogger,yaitu dengan bertukar link.blog kita mencantumkan url blog teman begitu juga sebaliknya supaya mendapaatkan kunjungan balik dari pemilik blog maupun visitor pemilk blog lain.
6) Web direction
Cara ini dilakukan menaruh url kita di website yang menyediakan web direction.Contohnya anda bisa klik beberapa web direction yang berada di kanan blog yang berjudul backlink berkualitas.
C.Cara kerja dan keyword dalam SEO
Persaingan bisnis di internet sangat luas dan juga ketat.Meskipun search engine sudah ada,namun persaingan tidak berhenti begitu saja.Hal ini dikarenakan listing web disearch engine result page menjadi arena untuk memperjuangkan kemenangan berada di halaman pertama sebagai hasil pencarian melalui SEO.
Ada ratusan ribu bahkan jutaan list dalam sekali tampilan halaman setelah pengunjung mengetikan keyword tertentu.Tentunya pengunjung jarang melihat ke halaman halaman belakang dan cenderung memprioritaskan apa yang pertama kali dilihat pada halaman pertama hasil pencarian.Inilah yang memicu persaingan untuk mendapatkan peringkat dihalaman pertama,karena peringkat tersebut berarti kemungkinan trafik pengunjung yang berlimpah.Oleh karena itu,perlu diketahui cara kerja dan keyword dalam SEO.
1.Cara kerja SEO
Adapun untuk menguasai SEO lebih jauh,maka memahami prinsip kerja search engine merupakan langkah awal yang baik.Ketika seseorang melakukan pencarian digoogle search engine hasilnya dapat begitu cepat dihadirkan sesuai query yang diingingkan.Tahukah Anda bagaimana google dapat menemukan halaman web yang sesuai dengan query tersebut?dalam hal ini google dapat disamakan dengan sebuah buku besar yang memiliki indeks lengkap,mudah digunakana,dan mudah dicari.Di mana ketika ketika user melakukan pencarian,program google melakukan cek terhadap indeks yang dimilikinya untuk melakukan dan menyusun hasil pencarian yang relevan sesuai yang dicari.
Terdapat tiga konsep atau proses kunci yang memungkinkan google dapat menemukan halaman web yang sesuai dengan query.Adapun ketiga konsep atau proses kunci tersebut,sebagai berikut.
a.Crawling(perayapan)
Crawling atau perayapan adalah proses googlebot(bisa juga disebut sebagai robot,bot spider,spiderbot)mencari halaman halaman baru atau yang diupdet untuk ditambahkan ke dalam indeks google.Program googlebot inilah yang bertugas melakukan pekerjaan tersebut dengan menggunakan algoritma untuk menentukan situs atau halaman web mana saja yang akan dirayapi,seberapa sering perayapan (crawl)dilakukan dan berapa banyak halaman web yang akan diambil dari sebuah web.
Langganan:
Postingan (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar